Senin, 18 Februari 2019

Nanti Malam, Akan Muncul Supermoon Terbesar Ditahun Ini

Supermoon | AP

Menurut para peneliti, Supermoon terbesar 2019 akan muncul di langit malam pada 19 Februari. Jaraknya hanya 221.681 mil jauhnya dari Bumi dan karena pendekatan yang dekat ini Supermoon akan tampak lebih besar dan lebih terang daripada bulan purnama lainnya. 

Istilah Supermoon adalah yang merujuk pada dua peristiwa surgawi bulan purnama dan bulan perigee atau dikenal sebagai pendekatan terdekat ke Bumi. Saat Bulan mengorbit Bumi, jarak antara dua benda berubah. Titik terjauhnya, yang dikenal sebagai apogee, berjarak sekitar 238.000 mil. Ketika ini bertepatan dengan bulan purnama, itu dikenal sebagai micromoon.

Bulan purnama di bulan Februari akan menjadi supermoon terbesar tahun ini, semakin dekat ke Bumi daripada di titik lainnya pada 2019.

"Beberapa astronom menganggap 'Supermoons' sebagai hype media, tetapi bagi saya, apa pun yang mendorong orang untuk menatap adalah cara yang bagus untuk melibatkan kembali orang-orang dengan langit malam," ujar astronom Paul Cox yang dilansir dari laman Newsweek.

Pada bulan Februari bulan purnama adalah pertengahan dari tiga supermoon berturut-turut. Bulan Januari bertepatan dengan gerhana bulan total yang merupakan suatu peristiwa di mana bulan melewati langsung melalui bayangan Bumi. Ketika ini terjadi, cahaya dari Matahari membias di sekitar Bumi, membuat bulan tampak merah.

Para Peneliti juga mencatat bahwa selama supermoon, gelombang pasang perigean akan terjadi. Ini adalah "pasang lebih tinggi dari normal" dan hasil dari peningkatan tarikan gravitasi Bulan di lautan. 

"Perbedaan terbesar terjadi di daerah-daerah tertentu di pantai seperti Alaska di mana kisaran pasang naik sekitar enam inci," jelasnya.

Sementara untuk Supermoon berikutnya akan berlangsung pada 21 Maret 2019 mendatang.



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar