Rabu, 06 Februari 2019

Australia Siapkan Jaminan Sepuluh Ribu Dollar Untuk Bebaskan Al Araibi

Pesepakbola asal Bahrain, Hakeem Al Araibi, yang dipenjara di Bangkok, Thailand. | 
REUTERS/Athit Perawongmetha

Upaya untuk membebaskan pesepakbola asal Bahrain, Hakeem Al Araibi  yang saat ini masih dipenjara di Bangkok, Thailand, terus dilakukan Federasi Sepakbola Australia (FFA). Rencananya, FFA akan mencari jaminan sebesar sepuluh ribu dollar AS untuk membebaskan Al Araibi 

Kejaksaan Thailand berjanji membebaskan Al Araibi dengan jaminan sebesar 10 ribu dollar AS (Rp 139 juta). Jika dana tersebut terkumpul, maka Al Araibi akan dikembalikan ke Australia.

Pemerintah Australia, FFA, FIFA, dan juga persatuan pesepakbola internasional secara penuh mendukung untuk kebebasan Al Araibi. Ditambah lagi, ketua pelaksana FFA, David Gallop juga sudah mengeluarkan pernyataan resmi akan melindungi Al Araibi.

"Hakeem Al Arabi adalah penduduk tetap Australia dan pesepakbola di Pascoe Vale FC. Ini adalah hak asasi manusia yang mendasar dan harus dilindungi," ujar Gallop sebagaimana dikutip dari Reuters.

Al Araibi sebelumnya juga telah mengatakan bahwa dirinya takut jika harus dipulangkan ke Bahrain karena ia mengaku akan disiksa. Gallop pun memberikan jaminan bahwa Al Araibi akan segera dibebaskan dan dipulangkan ke keluarganya yang berada di Australia.

"Setelah proses penyeluruhan, dia telah dinilai oleh pemerintah Australia untuk menjadi pengungsi. Kami juga akan meminta pemerintah Thailand untuk membebaskan Hakeem dengan aman kembali ke rumahnya di Australia sebagai hal yang mendesak," ungkapnya.



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar