Selasa, 26 Februari 2019

Kamu Perlu Tahu! Inilah 5 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Manfaat buah manggis bagi kesehatan | Shutterstock

Setiap buah pasti kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah buah manggis. 

Buah yang memiliki nama latin Gracinia Mangostana ini biasanya tumbuh di daerah yang tropis seperti Indonesia.

Selain buahnya yang lezat untuk dikonsumsi, ternyata kulit dari buah manggis juga kaya manfaat. Segudang manfaat bisa didapatkan dari buah yang kerap disebut sebagai ratu buah-buahan ini. Dihimpun AKURAT.CO dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat buah manggis bagi kesehatan, Senin (25/2/2019).

1. Menurunkan kolestrol

Shutterstock
Kandungan zat Xanthone yang ada pada buah manggis bisa juga jadi salah satu obat kolestrol. Nah buah manggis ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolestrol jahat yang berlebihan dalam tubuh.

2. Mempertebal sistem imun

Shutterstock
Tubuh membutuhkan sistem imun yang baik untuk menghalau virus atau bakteri jahat dari luar. Nah buah manggis mengandung antioksidan yang bisa membentuk sistem imun agar menjadi lebih kuat. Vitamin B dalam kandungan buah manggis dapat mempertahankan metabolisme tubuh menjadi level normal.

3. Sebagai antioksidan

Shutterstock
Usia memang nggak bisa dilawan, namun proses penuaan bisa diperlambat dengan mengonsumsi kulit manggis. Antioksidan yang terkandung dalam buah manggis dapat membantu pencegahan penuaan sehingga kulit masih terlihat kinclong.

4. Mencegah kanker

Shutterstock
Buah manggis memiliki kandungan bernama Xamtone yang merupakan salah satu senyawa yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Senyawa anti kanker ini dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker yang terdapat pada usus besar dan usus hati, serta dapat memperlambat pertumbuhan sel berbahaya yang dapat menyebabkan kanker.

5. Mengatasi alergi

Shutterstock
Ekstrak dari buah manggis mampu menghambat pelepasan histamin, yakni penyebab tubuh gatal-gatal saat alergi dan sintesis prostaglandin yang menyebabkan tubuh meradang saat alergi. Jika rutin mengonsumsi buah ini, maka dapat mengatasi alergi secara alami.

Nah itulah beberapa manfaat lain dari buah manggis. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya! 



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar