Jumat, 01 Februari 2019

Empat Syarat Makanan Pendamping ASI Menurut Ahli

Spesialis Gizi Klinis | AKURAT. CO/ Winnie Fatmawati

Semua orang tua pasti ingin memiliki anak dengan tumbuh kembang yang baik, tanpa gangguan, dan anak bisa tumbuh dewasa yang bisa dibilang sebagai sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk mencapai hal itu, banyak yang perlu orang tua perhatikan dan terapkan.

Dr. Diana F Suganda, M.Kes, Sp. GK, spesialis gizi klinis, menjelaskan bahwaa salah satu yang sangat penting dan berpengaruh dalam tumbuh kembang anak agar lebih optimal adalah dengan memperhatikan makanan pendamping ASI atau biasa dikenal dengan MPASI. Dirinya juga mengatakan, ada empat syarat dalam pemberian MPASI yang penting diketahui.

"Empat syarat MPASI, pertama tepat waktu, kedua bergizi, ketiga tepat cara pemberian, dan keempat bersih. Ketika anak lewat fase ASI eksklusif, mereka butuh tambahan gizi dari variasi asupan lain, nah dimana gizi ini yang membantu segala pertumbuhan, perkembangan yang pesat diusianya ini, jadi tidak bisa sembarang kasih MPASI," ujarnya kepada AkuratHealth, saat acara preskon Teman Bumil, di Tower Tokopedia, Jakarta Selatan, Kamis, (31/1).

Untuk hal tepat waktu yang dimaksud oleh dokter diana adalah tepat waktu memberi MPASI yaitu pada usia enam bulan. WHO sudah memberi standartisasi bahwa enam bulan lah, waktu yang tepat pemberian MPASI. Kala itu bayi sudah siap untuk makanan-makanan yang lebih padat. Jika di bawah usia tersebut, risiko berbahaya sampai dengan meninggal sangat mungkin terjadi.

Kemudian, jika lebih dari usia yang ditetapkan maka bayi bisa kurang gizi, yang akan berdampak ke masalah kronis lainnya. Yang dimaksud bergizi artinya MPASI yang diberikan harus cukup energi, protein, vitamin, karbohidrat, lemak, mikronutrien sesuai usia, dan mineral yang cukup.

Yang tak kalah pentingnya adalah tepat cara pemberian dan juga bersih. Maksudnya, MPASI harus disiapkan dengan higienis, dimana memberikan MPASI memerlukan banyak peralatan dan membutuhkan tempat penyimpanan yang tepat agar meminimalisir bakteri tumbuh pada makanan yang akan dikonsumsi sang anak.

Pemberian MPASI juga harus tepat dalam arti sesuai dengan usianya, seperti seberapa banyak porsi yang dibutuhkan, kemudian tekstur makanan yang juga harus tepat tingkat kelembutan, kepadatan makanan, dan sebagainya.



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar