Senin, 11 Februari 2019

Jokowi: Jangan Ditepukin Dong, Kan Cuma 780 (Kilometer) Selama 40 Tahun

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Luhut Panjaitan dan Menteri Wiranto | AKURAT.CO/Gerdiansyah

Presiden Joko Widodo bercerita bahwa pada tahun 1978, Indonesia mampu membangun jalan tol bernama Jagorawi. Kepanjangan dari Jagorawi adalah Jakarta-Bogor-Ciawi. Proyek ini merupakan jalan tol pertama di Indonesia dan ketika dibangun, mendapatkan sorotan dari luar negeri.

"Jagorawi seperti apa, konstruksi, manajemennya seperti apa. Apa yang terjadi setelah 40 tahun, selama 40 tahun kita hanya membangun jalan tol sepanjang 780 kilometer," ujar Jokowi dalam acara silaturahmi dengan para purnawirawan TNI dan Polri di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (10/2/2019). 

Jokowi lalu membandingkan dengan negara yang banyak membangun jalan tol. Di antaranya, Cina yang sudah membangun 280.000 kilometer jalan tol. 

Selama memimpin Indonesia, pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla juga sudah banyak membangun infrastruktur, khususnya jalan tol.

"Perjalanan ini harus dilihat per segmen apa yang keliru," ujarnya. 

Jokowi juga mengungkapkan bahwa salah satu kendala pembangunan jalan tol yaitu pembebasan lahan serta adanya main mata investor. Menurut dia banyak hal sepele, namun tidak kunjung dicarikan solusinya. 

"Saya berikan contoh, Balikpapan- Samarinda. Berhenti kenapa, ada dua pertama lewat lahan konservasi kedua lewat lahannya Kodam. Siapa yang berani lewat jalannya Kodam. Investor mungkin sudah ketemu Pangdam, tapi ga ada penyelesaian," jelasnya.

"Lalu saya telepon panglima, panglima ini ada masalah. Tolong selesaikan. Dua minggu saya minta selesaikan, nyatanya selesai langsung," tambah Jokowi.

Dalam acara tersebut, Jokowi juga bercanda dengan mengatakan pencapaian pembangunan jalan tol selama 40 tahun -- hanya 780 kilometer -- tidak usah diberi tepuk tangan.

"Sehingga kita 40 tahun cuma 780 (kilometer). Jangan ditepukin dong. Cuma 780 (kilometer), ditepukin," ujarnya yang disambung dengan gelak tawa.



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar