Selasa, 19 Februari 2019

6 Fakta Perjalanan Karier Siti Nurhaliza, Dari Gadis Desa hingga Diva

Kolase foto Siti Nurhaliza | Instagram/ctdk

Queen of Pop Malaysia dan Voice of Asia, Dato' Sri Siti Nurhaliza atau yang dikenal dengan nama Siti Nurhaliza ini telah 23 tahun berkarya di industri musik.

Namun, Siti mendapatkan kesuksesannya saat ini bukan tanpa cobaan. Dirinya yang berangkat dari gadis desa untuk mengeluarkan album dan tampil di media pun memiliki lika-likunya sendiri.

Penasaran kan seperti apa perjalanan karier dari Siti Nurhaliza?

Berikut perjalanan karier Siti Nurhaliza yang dihimpun AKURAT.CO dari berbagai sumber pada Senin (18/2/2019).

1. Berangkat dari gadis desa

Instagram/ctdk
Pada usia 9 tahun, Siti sempat berjualan kue dengan berteriak menarik pembeli. Sejak saat itu, dirinya justru melatih olah vokal. Siti lahir dari seorang ibu yang merupakan penyanyi tradisional dan kakeknya yang merupakan musisi tradisional. Tak heran, jika Siti memiliki hobi menyanyi dengan melakukan aksi karaoke di rumahnya.

Mulai saat itu, penyanyi kelahiran Temerloh ini kerap diajak menyanyi di berbagai acara oleh pamannya. Salah satunya, Siti juga sempat bernyanyi di acara pernikahan. Hingga di usia 12 tahun, Siti mulai berani untuk mengikuti kompetisi musik.

2. Memenangkan kompetisi bernyanyi

Instagram/ctdk
Saat dirinya beranjak remaja keberanian Siti untuk mengikuti kompetisi musik muncul. Di tahun 1993, Siti mengikuti kompetisi Asia Bagus. Meski gagal, Siti tidak menyerah dengan ikut kompetisi HMI RTM di tahun 1995 dan keluar sebagai juara.

Sejak saat itu, Siti mendapatkan banyak tawaran untuk melakukan rekaman. Sampai akhirnya, Siti mengeluarkan debut album pada tahun 1996 yang berjudul 'Siti Nurhaliza' dengan hits single 'Jerat Percintaan'. Hits single Siti pun diterima dengan baik oleh para penggemarnya.

3. Awal mula di dunia hiburan

Instagram/ctdk
Siti sempat mendapatkan respons negatif atas pendiriannya yang tidak ingin berfoto dengan artis pria dalam sampul majalah pada awal mula ketenarannya di dunia hiburan. Hal itu bermula saat Siti berpose dengan seorang model pria di depan air terjun yang membuatnya tidak nyaman. Ditambah dengan dirinya saat diberikan rok pendek.

Sejak saat itu, penyanyi berusia 40 tahun ini tidak ingin tampil dengan pria dalam majalah. Meski sempat menuai kontroversi dari publik dan rekan artis lainnya, Siti berhasil mendapatkan dukungan. Siti sendiri dikenal dengan sosok yang sopan santun dan juga ramah.

4. Album dan penghargaan

Instagram/ctdk
Meledaknya nama Siti Nurhaliza sejak debut albumnya, disusul dengan setiap tahun Siti mengeluarkan album baru. Hingga saat ini lebih dari 15 album telah dimiliki oleh Siti. Sebut saja album Cindai di tahun 1997 yang juga ikut meledak di pasaran. Kesuksesan Siti di dunia hiburan tarik suara dilengkapi dengan berbagai penghargaan. Tak kurang 200 penghargaan lokal maupun internasional yang ia raih.

Grand Prix Champion di kontes menyanyi Voice of Asia tahun 2002, Penghargaan Emas dalam Kompetisi Penyanyi Baru Asia di Festival Musik Asia Shanghai di tahun 1999. Dirinya juga mengembangkan ketenaran sebagai artis dengan penjualan platinum berganda.

Selain penghargaan, pelantun Cindai ini juga telah tampil di panggung internasional. Di antaranya di Australia, Brunei, China, Indonesia, Jepang, Kazakhstan, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Inggris.

5. Lika-liku hidup

Instagram/ctdk
Siti juga sempat menuai komentar pedas dari publik, seperti salah satunya disebut sebagai artis kampung. Namun, ia berhasil membungkam pengkritiknya dengan prestasi yang ia raih.

Tidak hanya itu, di tahun 2006 dirinya kembali mencuri perhatian publik saat melangsungkan pernikahan dengan Khalid Mohd Jiwa yang merupakan konglomerat Malaysia. Pernikahan Siti ini sempat menuai pro dan kontra dari para penggemarnya. Setelah pernikahannya yang dikaruniai seorang buah hati, Siti kembali berkarya dengan mengeluarkan lebih dari 5 album.

6. Konser tiga negara

 Instagram/ctdk
Kini, setelah hampir 24 tahun berkarya, Siti akan menggelar konser perjalanan kariernya di tiga negara, yakni Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Konser yang bertajuk 'Dato Sri Siti Nurhaliza On Tour' ini akan digelar pada 21 Februari 2019 mendatang di Istora Senayan, Jakarta. Setelah itu, di bulan Maret, Siti akan menggelar konsernya di Singapura dan Malaysia. Bahkan rencananya, Siti juga akan menggelar konser di London pada April 2019 mendatang.

Dalam konsernya di Indonesia, dirinya akan tampil dalam empat segmen yang terbagi menjadi etnis, balada, toppers chart, dan unplugged.

Kisah perjalanan karier Siti Nurhaliza ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus meraih cita-cita dan impian. Sukses dan bahagia selalu Siti Nurhaliza.



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar