Rabu, 27 Februari 2019

5 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Dari meningkatkan Kesuburan hingga Obati Kanker

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh | Shutterstock

Buah sirsak merupakan buah yang berasal dari Amerika Tengah. Buah ini juga sangat populer di Indonesia. Selain enak dimakan langsung, buah yang berdaging putih ini juga sering diolah menjadi jus atau es krim.

Rasanya yang manis dan sedikit asam membuatnya digemari oleh anak muda maupun orang tua. 

Selain daging buahnya yang bergizi, ternyata daun sirsak juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh lho. Nah penasaran kan seperti apa manfaat daun dari buah yang memiliki nama ilmiah Annona muricata ini?

Yuk simak dibawah ini dihimpun oleh AKURAT.CO dari berbagai sumber pada Rabu (27/2/2019).

1. Meningkatkan kesuburan

Shutterstock
Nah bagi yang ingin segera mendapatkan keturunan, cara lain selain mengonsumsi kecambah ternyata daun sirsak juga bisa meningkatkan kesuburan. Tak hanya untuk menyuburkan rahim wanita saja, namun juga membantu meningkatkan produksi sperma bagi pria.

2. Mengobati kista ovarium

Shutterstock
Rebusan daun sirsak memiliki manfaat mengobati kista ovarium. Salah satu penyakit yang hanya diderita oleh wanita ini juga bisa disebut tumor jinak yang muncul pada ovarium. Jika dibiarkan begitu saja, kista ini bisa berkembang menjadi kanker. Untuk itu, agar terhindar dari penyakit itu cukup dengan merebus 10 lembar daun sirsak lalu minum air rebusan daun secara rutin saat masih hangat.

3. Menurunkan kolesterol

Shutterstock
Kolesterol tinggi menjadi ancaman yang menakutkan bagi kesehatan tubuh. Tingginya kadar kolesterol bisa memicu berbagai macam penyakit berbahaya bagi tubuh. Nah, agar kadar kolesterol bisa menurun, cukup minum air rebusan dari daun sirsak yang sudah tua. Minumlah secara rutin setiap hari.

4. Mengobati asam urat

Shutterstock
Sama halnya untuk mengobati sel kanker, kandungan acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pada daun sirsak juga bermanfaat untuk mengobati asam urat. Tak hanya itu saja, meminum air rebusan daun sirsak juga bisa mengobati diabetes.

5. Mengobati kanker

Shutterstock
Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya dan mematikan yang bisa menyerang kesehatan. Kandungan acetogenin dalam daun sirsak dapat menghambat sel kanker dan lebih efektif daripada kemoterapi. Minumlah air rebusan daun sirsak setiap hari di pagi hari.

Itulah manfaat lain daun sirsak bagi kesehatan. Sebelum menggunakan obat-obatan kimia, khasiat daun sirsak ini bisa dicoba terlebih dahulu. Namun sebelumnya tetap harus melakukan pemeriksaan ke dokter terlebih dahulu ya, agar tahu penyakit apa yang diderita.




Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar