Senin, 27 Mei 2019

Taklukan Jepang, China Juara Piala Sudirman 2019

Trofi Piala Sudirman 2019. | FOTO/Badminton Talk

Di partai terakhir Piala Sudirman 2019, China akhirnya berhasil memperpanjang dominasi mereka setelah mereka keluar sebagai kampiun dengan mengalahkan Jepang.

Shi Yuqi dan kawan-kawan yang bermain di depan pendukung sendiri berhasil menggilas Jepang dengan skor telak 3-0 di Guangxi Sports Center, Nanning, China, Minggu (26/5/2019) siang waktu Indonesia.

Tiga angka untuk China tersebut masing-masing disumbangkan oleh nomor ganda putra yang menurunkan Li Junhui/Liu Yuchen. Kedua pasangan dari peringkat ketiga dunia ini mengalahkan Hiroki Endo/Yuta Watanabe dengan skor 21-18 dan 21-10.

Chen Yufei yang merupakan tunggal putri peringkat ketiga dunia, berhasil menyumbang angka kedua untuk China. Turun melawan Akane Yamaguchi, Yufei harus berjuang selama satu jam 21 menit untuk mengunci kemenangan tiga gim 17-21, 21-16, dan 21-17.

Pada partai ketiga, Shi Yuqi akhirnya memastikan gelar juara bagi China. Pebulutangkis peringkat kedua dunia itu berhasil menang 12-21, 21-5, dan 21-11 melawan tunggal putra terbaik dunia Kento Momota dalam durasi waktu satu jam sembilan menit.

Gelar ini menjadi gelar kesebelas bagi China sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 1989. China pertama kali keluar sebagai juara di kejuaraan beregu campuran yang digelar dua tahunan ini pada tahun 1995.

Sejauh ini China menjadi satu-satunya negera dengan gelar terbanyak di kejuaraan ini, diikuti oleh Korea Selatan dengan empat gelar, dan terakhir Indonesia dengan satu gelar. Selama penyelenggaraannya hanya ada tiga negara itu yang pernah menjadi juara.

China sendiri berhasil melaju ke final selepas mengalahkan Malaysia dengan skor telak 3-0, sedangkan Jepang melangkah ke final usai mengandaskan Indonesia dengan skor 3-1.



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar