Rabu, 22 Mei 2019

Arab Saudi Akan Eksekusi Tiga Cendekiawan Muslim Setelah Ramadan

Ali al-Omari, Salman al-Odah dan Awad al-Qarni akan dieksekusi setelah Ramadan. 
| Foto: Baaz.com

Tiga cendekiawan muslim moderat yang saat ini ditahan atas tuduhan "terorisme" akan dieksekusi oleh Kerajaan Arab Saudi. Eksekusi tersebut akan dilaksanakan setelah Ramadan berakhir.

Ketiga cendekiawan muslim tersebut adalah Awad Al-Qarni yang merupakan seorang pengkhotbah Sunni, akademisi, dan penulis; Ali Al-Omari yang merupakan seorang penyiar populer; dan Salman Al-Odah yang merupakan akademisi internasional yang dikenal akan pandangannya yang progresif.

Salman Al-Odah ditangkap pada tahun 2017 akibat menulis tweet berisi doa agar Arab Saudi dapat memperbaiki hubungannya dengan Qatar. Penangkapannya memicu reaksi dari para pendukungnya yang menggaungkan tagar #freesalmanodah.

Ada dua sumber dari internal otoritas Arab Saudi yang mengatakan bahwa saat ini ketiganya tengah menunggu proses persidangan di Pengadilan Khusus Kriminal di Riyadh. Sidang ditetapkan untuk 1 Mei, tetapi ditunda tanpa menetapkan tanggal lebih lanjut.

Sementara, sumber pemerintah Arab Saudi lainnya mengatakan eksekusi 37 warga Saudi, sebagian besar aktivis Syiah, atas tuduhan terorisme pada bulan April digunakan sebagai bahan percobaan untuk melihat seberapa kuat kecaman internasional itu.

"Ketika mereka menemukan ada reaksi internasional yang sangat kecil, khususnya di tingkat pemerintahan dan kepala negara, mereka memutuskan untuk melanjutkan rencana mereka untuk mengeksekusi tokoh-tokoh yang menonjol," kata sumber anonim tersebut, dilansir dari laman Middle East Eye, Kamis (23/5/2019).

Kerajaan Arab Saudi akan melakukan eksekusi bertepatan dengan meningkatnya tensi hubungan Amerika Serikat dengan Iran.

“Mereka didorong untuk melakukannya, terutama dengan ketegangan di Teluk saat ini. Washington ingin menyenangkan Arab Saudi saat ini. Pemerintah Arab Saudi menghitung bahwa ini memungkinkan mereka untuk lolos dari kecaman internasional, ” tambah sumber tersebut.



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar