Kamis, 23 Mei 2019

5 Tips Agar Mudikmu Tetap Hemat dan Menyenangkan

Jika anggaran sudah disusun, lebaran akan lebih nyaman. Usai lebaran juga tidak akan kebingungan | Pexels

Bulan Ramadan selalu identik dengan mudik. Berkumpul bersama keluarga, silaturahmi dengan sanak family, dan bertemu kembali dengan teman lama adalah beberapa momen yang ditunggu saat Lebaran tiba.

Oleh karena itu, momen mudik selalu dinantikan oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Tidak heran jika persiapannya pun juga harus matang. Salah satu persiapan yang paling krusial adalah anggaran.

Agar anggaran tidak membengkak, AKURAT.CO, melansir dari berbagai sumber, memberikan tips mudik.

1. Merinci pos pengeluaran

Pexels

Cara yang paling mudah adalah dengan merinci apa saja kebutuhan yang harus dikeluarkan. Bagi anggaran ke dalam pos-pos tertentu, misalnya, ada pos transportasi, pos akomodasi, pos rekreasi, dan pos angpau atau THR lebaran.

2. Bawa uang tunai secukupnya

Pexels

Membawa uang tunai terlalu banyak bisa membahayakan anggaranmu. Uang tunai yang terlalu banyak bisa membuatmu tergoda untuk membelanjakannya ketika sedang istirahat di perjalanan. Sebaiknya bawa uang tunai sesuai anggaran dan simpan sisanya di kartu ATM.

3. Gunakan THR secara bijak

Pexels

Seharusnya, THR dijadikan sebagai tabungan. Anggaran mudik seharusnya disiapkan sepanjang tahun karena mudik sudah dapat dipastikan terjadi. Tetapi jika harus menggunakan THR, atur sedemikian rupa agar tetap ada biaya untuk tabungan atau investasi.

4. Bandingkan rute perjalanan

Pexels

Entah menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, kamu tetap harus membandingkan berbagai opsinya. Bandingkan jarak tempuhnya, waktu tempuhnya, pengeluaran bahan bakarnya, harga tiketnya, dan berbagai kebutuhan lain.

5. Anggarkan untuk arus balik

Pexels

Anggaran untuk arus balik biasanya terlupakan. Pos untuk biaya balik dan berbagai barang yang harus dibawa, termasuk oleh-oleh, biasanya tidak masuk dalam perencanaan. Semakin luas cakupan anggaran yang kamu buat, semakin nyaman pula kamu menjalani lebaran.

Tips di atas tidak akan berjalan jika kamu tidak disiplin dengan apa yang sudah kamu rencanakan. Dengan disiplin, finansialmu akan tetap seimbang dan terjaga.



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar