Rabu, 22 Mei 2019

Pembatasan Akses Layanan Sudah Berakhir, Whatsapp Kembali Normal

Aplikasi Whatsapp, Messenger dan Instagram. | Getty Images

Pasca pembatasan sementara yang dilakukan pemerintah, layanan pesan instan dan media sosial sudah berangsur pulih dan kembali bisa diakses pengguna di Indonesia.

Hasil pantauan Akurat, aplikasi WhatsApp yang sejak kemarin sulit untuk mengirimkan pesan baik teks, foto maupun video, kini sudah mulai bisa digunakan seperti biasa. Termasuk juga WhatsApp Web melalui komputer.

Tetapi untuk media sosial Instagram masih sulit di akses baik melalui aplikasi mobile ataupun komputer. Pengguna hanya bisa memperbarui tampilan lini masa, namun konten video atau gambar tidak muncul.

Kemudian untuk apliksi Facebook juga masih belum dapat digunakan. Pengguna yang memakai aplikasi mobile tidak dapat masuk ke akunnya, meski sudah memasukan alamat email dan sandi dengan benar.

Tetapi ada beberapa pengguna yang bisa masuk ke dalam layanan Facebook. Itupun hanya konten berupa teks yang tampilan dalam laman News Feed. Pengguna pun tidak memperbarui tampilan dalam laman tersebut.

Sebelumnya pemerintah memang memberlakukan pembatasan akses untuk penggunaan layanan pesan instan dan media sosial.

Hal tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari kerusuhan dalam aksi unjuk rasa 22 Mei, yakni untuk mencegah menyebarnya konten negatif di antaranya hoaks, kekerasan, dan ujaran kebencian.

Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika, mengungkapkan bahwa langkah tersebut sesuai dengan Undang-Undang Informasi dan Transkasi Elektronik (UU ITE).

"Saya mohon maaf, tapi ini sekali lagi (hanya) sementara dan bertahap. Dan saya berharap ini bisa cepat selesai" ujar Rudiantara.



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar