Senin, 01 April 2019

Tarif MRT Diskon 50 Persen Selama April

Warga memadati gerbong angkutan moda transportrasi terpadu MRT di stasiun Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3/2019). | AKURAT.CO/Dharma Wijayanto

Hari ini Senin 1 April 2019, angkutan Massal Moda Raya Terpadu (MRT) mulai beroperasi secara komersial setelah tuntas melalui fase uji coba publik pada Maret 2019.

Untuk tarif moda angkutan ini sudah ditetapkan oleh Gubernur Anies Baswedan dan ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi. Harga untuk jarak terjauh Lebak Bulus mencapai Rp 14.000 sekali naik dan harga terdekat antar stasiun Rp3.000. 

Tarif ini tertuang dalam Pergub Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit dan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit.

Pada bulan pertama MRT akan memberikan potongan harga tiket sebesar 50 persen. Hal ini tentu untuk menarik minat warga Ibu kota untuk menggunakan transportasi kereta modern ini.

"Jadi, kalau sesuai tarif dari Lebak Bulus ke Bundaran HI itu 14.000 rupiah, selama satu bulan, hanya akan dikenakan 7.000 rupiah sekali jalan. Juga, misal dari Dukuh Atas ke Fatmawati yang seharusnya 12.000 rupiah, hanya akan 6.000 rupiah. Dari Bundaran HI ke Dukuh Atas yang seharusnya 3.000 rupiah, hanya akan 1.500 rupiah," ujar Anies melalui siaran pers yang diwartakan divisi humas Balai Kota DKI Senin (1/4/2019).

Anies menyebut kebijakan diskon 50 persen tersebut merupakan usulan dari PT MRT Jakarta. Usulan tersebut kemudian dilaporkan kepada dirinya melalui surat yang dikirim oleh Dirut PT MRT Jakarta, William P. Sabandar. 

“Tarifnya mengacu pada Pergub tersebut. Diskon diberikan oleh MRT Jakarta dengan mengirim surat,” tambahnya.

MRT Jakarta, berharap dengan adanya diskon 50 persen tersebut, dapat memberikan ruang yang lebih besar bagi masyarakat untuk menggunakan MRT Jakarta. 

“Selain itu, juga untuk mengedukasi masyarakat untuk mengubah budaya transportasi dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum,” harapnya.

Pengoperasionalan secara komersial MRT Jakarta akan mulai berlaku pada pukul 05.30 WIB. Kereta pertama  berangkat pukul 05.30 WIB dari Stasiun Lebak Bulus dan Stasiun Blok M menuju Stasiun Bundaran HI.

Sementara itu, kereta pertama Ratangga dari Stasiun Bundaran HI menuju Stasiun Lebak Bulus berangkat pukul 05.36 WIB. Kemudian, dilanjutkan setiap 10 menit sekali untuk kereta berikutnya.



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar