Selasa, 16 April 2019

Kebakaran Melanda Katedral Notre-Dame di Perancis, Ini Kronologinya

Api melahap atap Katredal Notre-Dame di Paris, Perancis | REUTERS/Benoit Tessier

Menara katedral Notre-Dame di Paris, Perancis, hangus terbakar. Bangunan suci itu menjadi salah satu ikon terkenal di Negara Eiffel itu.

Peristiwa kebakaran itu terjadi pada Senin (15/4/2019) malam hingga Selasa (16/4/2019). Dilansir dari The New York Times, inilah detik-detik terjadinya peristiwa kebakaran itu.

Sebelum rombongan terakhir turis mencoba masuk ke dalam, pintu katedral itu ditutup. Tidak lama kemudian, terlihat asap membumbung dari puncak menara.

Sekitar pukul 18.30 waktu setempat, kebakaran pun diketahui terjadi. Dari rekaman video, penyangga konstruksi di sekitar dasar menara yang sedang direnovasi menjadi salah satu bagian yang pertama kali terlihat terbakar.

Sekitar 500 pemadam kebakaran dikerahkan di Ile de la Cite, pulau tempat Notre-Dame berada. Mereka pun berjuang selama berjam-jam melawan si jago merah.

Kepala pemadam kebakaran Paris, Claude Gallet, mengatakan api diduga berasal dari bagian loteng.

Setelah 9 jam berjibaku melawan api, otoritas menyatakan kebakaran sudah bisa dikendalikan. Namun, sebuah lubang di atap kayu yang terbuka akibat runtuhnya menara katedral masih terbakar.

Kebakaran Notre Dame. REUTERS/Benoit Tessier

Bukan hanya berjuang memadamkan api, para pemadam kebakaran juga berupaya menyelamatkan koleksi seni di dalam bangunan suci itu. Mereka mempertaruhkan nyawa karena bagian dalam katedral itu diselimuti asap tebal dan konstruksi bangunan berjatuhan, termasuk timah yang meleleh.

Dilaporkan tidak ada korban tewas dalam insiden ini. Namun, seorang pemadam kebakaran mengalami luka serius.

Pada Senin pukul 23.00, Gallet mengatakan konstruksinya, termasuk 2 menara depan, berhasil diselamatkan. Sayangnya, dua pertiga dari atap bangunan bersejarah itu rusak parah.

"Bagian terburuknya berhasil dihindari meski pertarungan ini belum selesai sepenuhnya," ujar Presiden Perancis Emmanuel Macron.

Kebakaran Notre Dame. REUTERS/Benoit Tessier

Menara katedral setinggi 295 kaki (89,9 meter) tampaknya sudah hancur. Atap yang menyangga menara itu terlalu banyak dilalap api sehingga menara itu roboh.

Beruntung sebagian besar koleksi seni katedral itu sudah dipindahkan sebelumnya karena gereja itu sedang dalam tahap renovasi. 

Sementara itu, pemadam kebakaran juga berhasil menyelamatkan barang-barang seni yang ada dalam gereja, termasuk kain linen yang terkait Saint Louis, Mahkota Suci berduri, dan perbendaharaan lainnya.

Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab kebakaran itu. Kondisi di dalam Katedral Notre-Dame itu juga masih menjadi misteri.



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar