Senin, 08 April 2019

5 Negara dengan Cadangan Emas Terbanyak, Indonesia Dimana?

Karyawan menunjukkan emas batangan untuk investasi yang kini per gramnya dijual dengan harga Rp559.000 per gram di sebuah toko emas di Malang, Jawa Timur, Kamis (28/122018)
| ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/pd/17

Emas telah membuktikan statusnya sebagai barang bernilai tertinggi selama kurang lenih 5.000 tahun. Saat ini Investor saat ini terburu-buru untuk membeli logam mulia di tengah ketidakpastian pasar global. Selama dekade terakhir, bank sentral global telah berusaha menambah pasokan emas mereka.

World Gold Council (WGC) melaporkan bahwa tahun ini, volume emas yang dibeli oleh negara di seluruh dunia pada tahun 2018 mencapai peningkatan yang tinggi. WGC menyoroti bahwa tahun lalu bank sentral membeli 651,5 metrik ton logam mulia, menandai kenaikan 74 persen dari tahun ke tahun.

Berikut ini negara yang mencatat memiliki simpanan emas terbanyak menurut survey WGC :


AS dilaporkan memiliki cadangan emas terbesar di dunia dengan 8.407 ton. Emas menyumbang lebih dari 75 persen dari cadangan devisa nasional. The Fed AS dikabarkan  belum aktif membeli emas seperti halnya negara lain untuk mencegah devaluasi dolar.

2. Jerman

Deutsche Bundesbank saat ini memiliki 3.483 ton emas, dengan mewakili lebih dari 70 persen cadangan devisa Jerman. Regulator telah mencoba untuk memulangkan sekitar 674 ton emas yang disimpan oleh Banque de France dan Bank Federal Reserve AS. Pemulangan emas Jerman diharapkan akan selesai pada tahun 2020.

3. Italy

Dengan 2.534 ton emas, Italia mendarat di peringkat ketiga dalam pemilik emas terbanyak. Jumlah tersebut mewakili hampir 70 persen dari cadangan devisa negara. Menurut kebijakan yang diikuti oleh Bank of Italy, emas adalah investasi teraman di saat terjadi gejolak ekonomi dan perlindungan terhadap volatilitas dolar AS.

4. Prancis

Paris dilaporkan memiliki 2.518 ton logam mulia, yang menyumbang sekitar 60 persen dari seluruh cadangan devisa Perancis. Selain itu Politisi Prancis Marine Le Pen, pemimpin partai National Rally, telah berulang kali menyerukan pembekuan atas penjualan emas Prancis, serta untuk pemulangan semua emas batangan Perancis yang dipegang oleh negara-negara asing.

5. Rusia

Selama enam tahun terakhir, bank sentral Rusia telah gencar membeli emas secara terus menerus. Pada 2017, negara itu menyingkirkan  China dari daftar lima pemegang emas terbesar.

Tahun lalu, Rusia menjadi pembeli emas utama dunia dengan pembelian bersih mencapai 651,5 metrik ton. Pada bulan Februari, bank sentral Rusia meningkatkan cadangan devisa sebesar 31,1 ton emas, meningkatkan kepemilikan logam mulia menjadi 2.149 ton.

Tujuan utama Rusia membeli emas adalah untuk bertahan dari sanksi AS agar negara tersebut bertujuan menghilangkan ketergantuangan dari Dollar.

Lalu sebagai tambahan posisi Cadangan Indonesia saat ini masih berada di peringkat 38 dengan total 80.56 Ton dengan mewakili 2,5% dari total Cadangan Devisa.


Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar