Kamis, 04 April 2019

Anies Salahkan Proyek LRT Soal Banjir di Pancoran

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan | AKURAT.CO/Yohanes Antonius

Anies BaswedanGubernur DKI Jakarta, meninjau lokasi banjir di kawasan Pancoran Jakarta Selatan pada Kamis (4/4/2019).

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini melakukan inspeksi pembangunan proyek di lokasi tersebut. Dimana pembanguan proyek itu banyak menutup saluran air sehingga menyebabkan banjir saat kawasan ini diguyur hujan.

"Pagi ini saya menginspeksi lokasi yang menjadi tempat pembangunan yang menutup saluran air sehingga ketika hujan deras dengan volume besar seperti kemarin lalu terjadi genangan yang cukup lama," ujar Anies di lokasi.

Anies mengakui bila proyek pembangun jalur Light Rail Transit (LRT) di kawasan ini banyak yang tak memperhatikan saluran air, tiang - tiang beton yang dibangun untuk menyangga jalur layang LRT banyak didirikan di atas saluran air.

"Kita temukan bahwa saluran - suluran air kita tertutup oleh pilar - pilar pembangunan LRT. Nah pihak kontraktor tidak menyiapkan dengan volume yang cukup, pompa untuk mengalirkan air dari tempat yang terhalang ke saluran kita. Jadi ada saluran, saluran itu terpotong potong oleh pilar," ucapnya.

Anies juga mengatakan bahwa pihak kontraktor mengklaim telah melakukan antisipasi banjir di kawasan ini dengan menyediakan pompa mobile.

Anies menjelaskan pompa itu jelas tak maksimal untuk menyedot air dalam volume yang besar. 

Tak hanya itu Anies menduga penanganan banjir di kawasan ini juga pasti terlambat dilakukan pihak kontraktor. Pompa - pompa mobile itu pasti didatangkan saat sudah terjadi banjir sehingga imbasnya kawasan ini digenangi air dalam waktu yang cukup lama 

"Harusnya mereka (kontraktor proyek LRT) menyiapkan pompa. Menurut mereka sudah dipasang pompa, pompa mobile-pompa mobile itu kita sudah tahu pasti banjir baru dikirim pompa, kalau pompanya permanen pasti dia begitu ada aliran genangan air langsung bergerak. Kalau sudah pompanya mobile maka pasti terlambat dan itu yang terjadi," tuntasnya.



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar