Kamis, 04 April 2019

Untuk Ketiga Kalinya, Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menunjukkan piala pada sesi Global Market Award Ceremony dalam rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10/2018).
 | AKURAT.CO/Dharma Wijayanto

Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan (Menkeu), untuk ketiga kalinya dinobatkan kembali oleh Majalah FinanceAsia sebagai "Menteri Keuangan Terbaik" di Asia Pasifik Tahun 2019. Sebelumnya, FinanceAsia telah menobatkan Sri Mulyani sebagai Menkeu terbaik se-Asia Pasifik pada tahun 2017 dan 2018.

Sri Mulyani dinilai telah berhasil membawa perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik.

"FinanceAsia melakukan penilaian dengan melihat bagaimana para Menteri Keuangan tersebut mengelola keuangan negara dalam kurun waktu satu tahun di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi dan geopolitik global," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Nufransa Wira Sakti melalui keterangan tertulisnya, Kamis (4/4/2019).

Penilaian ini dibuktikan dengan kemampuan dirinya mengatasi defisit anggaran ke titik terendah dalam enam tahun terakhir pada 2018, sebesar 1,76 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Program Amnesti Pajak yang diterapkannya pada tahun 2016-2017, Sri Mulyani juga berhasil meningkatkan kepatuhan pajak (tax compliance), yang pada akhirnya berhasil meningkatkan penerimaan perpajakan.

Untuk keberhasilan lainnya, yaitu melalui Global Green Sukuk, yang mengantarkan Indonesia menjadi negara Asia pertama yang menjual green bonds, surat utang yang digunakan secara spesifik untuk membiayai proyek-proyek untuk iklim dan lingkungan, yang terjual hingga USD1,25 miliar.

Koordinasi serta kerja sama yang baik dengan Bank Indonesia, mampu menjaga stabilitas nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). Walaupun perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok masih terus berlangsung dan membuat sejumlah mata uang lainnya anjlok, tetapi kurs rupiah berhasil ditekan agar tetap stabil.

FinanceAsia juga merilis peringkat untuk para Menteri Keuangan lain di seluruh dunia. Peringkat kedua diberikan kepada Carlos Dominguez dari Filipina, peringkat tiga Heng Swee Keat dari Singapura, peringkat empat Josh Frydenberg dari Australia, peringkat lima Paul Chan dari Hong Kong, peringkat enam Piyush Goyal dari India, peringkat tujuh Liu Kun dari Tiongkok.

Kemudian, peringkat delapan Hong Nam-Ki dari Korea Selatan, peringkat sembilan Lim Guan Eng dari Malaysia, peringkat sepuluh Apisak Tantivorawong dari Thailand, peringkat sebelas Su Jain-Rong dari Taiwan, dan terakhir Taro Aso dari Jepang.



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar