Kamis, 13 Juni 2019

Lee Chong Wei Umumkan Pensiun Dengan Tetesan Air Mata

Tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei memutuskan untuk pensiun dari bulutangkis. | worldofbuzz.com / Foto: Astro Awani

Lee Chong Wei, pebulutangkis yang pernah menempati peringkat 1 dunia dan merupakan ikon bulutangkis Malaysia secara resmi mengumumkan pengunduran diri sebagai pebulutangkis profesional setelah 19 tahun berkarir dengan tetesan air mata.

Pada Juli tahun lalu usai tampil di Indonesia Terbuka 2018, Lee Chong Wei didiagnosis menderita kanker hidung. Setelah menderita penyakit tersebut, Lee tidak pernah turun di turnamen besar hingga keputusannya untuk pensiun ini.

“Hari ini semua orang tahu maksud saya mengadakan konferensi pers ini. Saya ingin mengumumkan bahwa saya akan pensiun dari bulutangkis setelah 19 tahun berkarier,” ujar Lee Chong Wei dalam konferensi pers di kantor Menteri Pemuda dan Olahraga di Menara KBS, Putrajaya, Malaysia, Kamis (13/6/2019), seperti dilansir The Star.

Lee mengatakan bahwa keputusan tersebut sangat sulit mengingat beberapa hari lalu dia membantah tidak menggantung raket dalam waktu dekat. Namun, setelah berkonsultasi dengan dokter di Jepang terkait penyakitnya, keputusan ini kemudian harus dia buat.

“Keputusan ini adalah keputusan yang sulit untuk saya buat, tetapi saya tidak punya pilihan setelah berkonsulitasi dengan pihak dokter di Jepang baru-baru ini,” kata peraih medali perak Olimpiade Rio 2016 tersebut.


Menurut hasil konsultasi yang menggunakan kuesioner tersebut menunjukkan hasil yang tidak memungkinkan Lee untuk melakukan aktivitas dengan insensitas yang tinggi.

“Saya diberi delapan kuesioner untuk menjawab tentang kondisi saya dan hasilnya menunjukkan bahwa saya tidak bisa lagi dapat melakukan aktivitas yang punya insensitas tinggi. Jadi tidak cocok saya berolahraga demi menjaga kesehatan saya,” ujarnya.

Lee Chong Wei sempat mengumumkan tidak akan pensiun pada November lalu setelah menjalani perawatan untuk penyakitnya di Taiwan. Dia berniat ingin kembali bermain dan mendapat medali emas di Olimpiade Tokyo tahun depan.

Diketahui, Lee yang saat ini berusia 36 tahun adalah peraih medali perak di tiga olimpiade, tetapi belum dikalungi satu pun medali emas di pesta olahraga terbesar sejagat itu. Oleh karena itu, dia sepertinya punya banyak rasa penasaran.

Lee kembali berlatih pada Januari tahun ini untuk persiapan All England pada Maret lalu dan Malaysia Terbuka di April kemarin, tetapi dua turnamen itu tetap saja harus dilewati karena kondisinya yang belum memungkinkan.



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar