Senin, 25 Maret 2019

Banyak Ikan 'Ngambang' di Kali Ancol

Petugas di stasiun Pompa Ancol sibuk menjaring ikan mati di Kali Ancol. | AKURAT.CO/Gerdiansyah

Puluhan Ikan yang mati di Kali Ancol dijaring petugas di stasiun Pompa Ancol. Puluhan ikan yang mati tersebut diangkut petugas menggunakan serok. 

Banyaknya ikan yang mati membuat pemancing yang biasa santai di pinggir kali menjadi murung. Anehnya, ikan yang mati berada disekitar aliran Pintu Air Flushing Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Ikan tersebut kaku sesaat air keluar dari saluran Ancol.

Eko selaku petugas Sudin SDA Jakarta Utara yang berjaga di Pintu Air Flushing Ancol, mengatakan fenomena ini termasuk yang terparah dilihatnya selama beberapa bulan terakhir.

Menurutnya, kejadian ikan mati di kali itu pernah beberapa kali dilihatnya, namun tidak separah ini. Eko menduga, ikan-ikan tersebut mati lantaran air kali tercemar limbah.

"Kemungkinan sih karena air limbah ini. Biasanya sih enggak begini, ini kan item begitu tuh. Bau bangke ikan yang bikin males, makanya disaring," ujar Eko dilokasi, Minggu (24/3/2019).

Ikan lele dan mujair merupakan favorit para pemancing. Hari Minggu biasanya para pemancing dadakan memenuhi bantaran Kali Ancol. Namun kini, mereka enggan melempar kail. 

"Ini parah sampe mati begini biasanya juga banyak orang mancing di sini, sekarang sepi begini," kata Eko.

Petugas pintu air pun terpaksa melakukan penanganan dengan menjaring ikan-ikan yang mati supaya tak mengotori air kali.




Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar