Senin, 18 Maret 2019

Nikmatnya Daging Kaki Sapi Dilumuri Saus Kacang di Cungkring Pak Jumat

Cungkring Pak Jumat | AKURAT.CO/Chodijah Febriyani

Kuliner yang dirintis sejak tahun 1975 tak kalah enaknya dengan kuliner yang kekinian. Namanya, Cungkring Pak Jumat. Mungkin terdengar asing tapi walaupun termasuk kuliner autentik yang banyak penggemarnya dari berbagai daerah.

Cungkring Pak Jumat ini  letaknya di Bogor, tepatnya di Jl. Suryakencana, Bogor, Jawa Barat. Cungkring ini merupakan kepanjangan dari Cungur dan Garing. Ini adalah perpaduan antara cungur (hidung sapi), kikil sapi dan lontong.

Pak Deden, yang kini menggantikan Pak Jumat ini sering mangkal di jalan tersebut.

"Bapak masih ada. Sekarang saya yang gantikan bapak jualan di Jl. Suryakencana. Masih pakai pikulan yang menjadi ciri khasnya dari dulu memang seperti itu," katanya saat ditemui AkuratKuliner di Festival Jajanan Bango, di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (16/3).

Cungkring Pak Jumat di Festival Jajan Bango (FJB) 2019 di GBK, Senayan. AKURAT.CO/Chodijah Febriyani

Soal rasa, ia pun ternyata sebelum menggantikan bapak mengaku belajar dulu untuk membuat racikan khasnya. "Sejak 2014, sudah bisa meracik sendiri. Dulu, hingga dua bulan belajar ngeracik dulu sebelumnya," ujar pria usia 33 tahun ini.

Sementara, untuk isian yang digunakan ada kaki sapi (kikil), lontong kemudian disiram dengan saus kacang dan diberikan kerupuk tempe.

"Yang dipakai dari kacang tanah. Dominanya lebih manis kalau mau pedas, tinggal kasih sambal saja, plus ada gorengan tempenya yang kecil ini," ucapnya.

Ia pun tak keberatan untuk memberikan cara memasak ala Pak Jumat.

"Sebelumnya, kikilnya direbus dulu hingga empuk selama tujuh jam. Ini, yang membuatnya agak kuning, sebelum disiram saus kacang, ada bumbu kuning yaitu kunyit dan bawang putih yang saya ulek kemudian digoreng dengan minyak yang secukupnya lalu di aduk bersamaan dengan kikilnya. Itu yang membuat kikilnya jadi agak kuning," tambah Deden.

Sementara, untuk membuat saus kacang ada trik khususnya.

"Diaduk terus, jangan sampai bekerak di penggorengan. Jangan sampai gosong kalau kurang diaduk. Itu kunci rahasianya, dari teknik pengadukan bumbu kacangnya," pungkasnya.

Satu porsi Cungkring Pak Jumat ini hargnya Rp25 ribu saja kok. Kalau kamu penasaran bisa mampir ke Bogor. Tapi, harus bersabar ya, soalnya kuliner autentik ini masih banyak diburu pecinta kuliner dan rela antre. Selamat mencoba.



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar