Jumat, 08 Maret 2019

5 Manfaat Penting Coklat bagi Kesehatan, Selain Bisa Bikin Mood Baik

Manfaat coklat bagi kesehatan | SHUTTERSTOCK

Coklat merupakan makanan yang hampir semua orang di dunia ini suka dan pernah mengonsumsinya. Kudapan satu ini dipercaya mampu membuat suasana hati menjadi lebih positif.

Meskipun begitu banyak juga yang mengatakan coklat merupakan makanan yang kurang sehat. Padahal, apabila dikonsumsi dengan takaran yang pas, coklat dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh lho. Nggak percaya?

Dihimpun dari berbagai sumber pada Kamis (7/3/2019), yuk simak manfaat coklat bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui.

1. Menurunkan berat badan

SHUTTERSTOCK
Kebanyakan orang berpendapat bahwa mengonsumsi coklat dapat menaikkan berat badan. Eits, pernyataan ini sebaiknya kamu pertanyakan ulang. Makanan yang mampu meningkatkan mood ini rupanya mampu menurunkan berat badan. Mengonsumsinya sebelum makan dapat memicu hormon di otak dengan yang mengamsumsikan bahwa tubuh telah kenyang. Sehingga akan membantu memotong porsi makanmu.

2. Mengurangi risiko stroke

ISTIMEWA
Sebuah penelitian di Finlandia mengatakan bahwa kandungan flavonoid dalam coklat memiliki antioksidan dan mampu menekan oksidasi kepadatan lipoprotein yang rendah penyebab penyakit stroke.

3. Menghaluskan kulit

ISTIMEWA
Diam-diam coklat juga mampu meremajakan kulit lho! Tak heran jika banyak masker, body lotion, hingga kondisioner terbuat dari coklat. Kandungan flavonol dan oksidan tinggi pada coklat hitam mampu melindungi kulit dan membuatnya menjadi halus.

4. Mengurangi resiko serangan jantung

SHUTTERSTOCK
John Hopkins, seorang peneliti dari University School of Medicine mengungkapkan coklat hitam mampu mengurangi risiko serangan jantung hingga 50 persen. Pasalnya, mengonsumsi coklat hitam akan membuat pembekuan trombosit menjadi lebih lambat. Seperti diketahui, jika trombosit mengalami pembekuan sehingga menjadi padat dalam pembuluh darah, hal ini akan dapat menyebabkan seseorang terkena serangan jantung.

5. Mencegah diabetes

SHUTTERSTOCK
Coklat memang terkenal dengan kandungan gula yang tinggi. Namun tahukah kamu jika coklat mampu mencegah diabetes? Akan tetapi fungsi itu terkandung pada coklat hitam saja. Hal ini lantaran coklat hitam tidak memiliki kandungan phytochemical flavonoid yang bisa mengurangi resistensi insulin atau faktor yang mampu membuat seseorang terkena diabetes.

Namun tetap saja jangan mengonsumsi makanan satu ini secara berlebihan ya. Meski coklat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar