Jumat, 15 Maret 2019

49 Tewas dan Puluhan Luka-luka Dalam Insiden Penembakan Masjid di Selandia Baru

Sejumlah petugas saat melakukan pertolongan kepada seorang korban yang terkena luka tembak saat peristiwa penempakan di Masjid Al Noor di Christchurch, Selandia Baru, 15 Maret 2019. 
| REUTERS/SNPA/Martin Hunter E

Sedikitnya 49 orang tewas dan 20 lainnya luka-luka dalam sebuah insiden penembakan massal yang terjadi di dua masjid di Central Christchurch, Selandia Baru. Insiden yang menyasar jemaah salat Jumat ini menewaskan 30 orang di masjid Al-Noor sementara 10 lainnya tewas di Masjid Linwood.

Penembakan dilakukan setidaknya oleh satu orang, pelaku diidentifikasi merupakan pria kulit putih asal Australia bernama Brenton Tarrant yang berusia 28 tahun.

"Kami meyakini bahwa 40 orang kehilangan nyawanya dalam tindak kekerasan ekstrim ini," ujar Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dalam sebuah pernyataan, dilansir dari laman Reuters, Jumat (15/3).

"Sudah jelas bahwa hal ini hanya bisa dideskripsikan sebagai serangan teroris," tambahnya.

Ardern menambahkan saat ini Selandia Baru memberlakukan tingkat keamanan tertinggi.

"Ini adalah salah satu hari paling gelap di Selandia Baru," tambahnya lagi.

Dalam insiden ini beredar rekaman video live streaming berdurasi 17 menit yang diunggah oleh pelaku. Video tersebut memperlihatkan momen-momen pelaku melancarkan aksinya hingga selesai, terlihat pula para korban yang terbaring atau meringkuk di lantai masjid.

"Dia punya senjata besar, dia datang dan mulai menembak semua orang di masjid, di mana-mana," kata saksi bernama Ahmad Al-Mahmoud. Dia mengatakan dia dan yang lainnya melarikan diri dengan mendobrak pintu kaca.

Komisaris Polisi Selandia Baru Mike Bush mengatakan empat orang telah ditahan - tiga pria dan seorang wanita.

Di tempat lain, Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan bahwa salah seorang yang ditahan adalah warga Australia.

Selain penembakan, polisi juga menemukan bom rakitan di lokasi kejadian, kini bom tersebut telah berhasil dijinakkan.



Sumber: AKURAT.CO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar