Kamis, 09 Agustus 2018

Tahukan Anda?? Kenapa Soekarno Memilih Tanggal 17 agustus 1945 sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia, ini alasannya


Bangsa indonesia setiap tahunnya memperingati hari kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, Pada tanggal tersebut masyarakat di anjurkan untuk mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih.

Tapi, tahukah kalian mengapa 17 Agustus 1945 dipilih sebagai hari kemerdekaan?
Saat itu jepang yang menjajah kita selama 3,5 tahun telah menyerah pada sekutu,sehingga seharusnya soekarno dan mohammad hatta bisa lebih cepat memproklamasikan kemerdekaan indonesia.

Di pilih nya tanggal 17 agustus karena menurut soekarno tanggal tersebut lebih memberikan harapan baginya,meski tak bisa di terangkan menggunakan akal sehat.
17 adalah angka suci, jatuh pada hari jum’at yang juga suci.
Terlebih saat itu memang sedang bulan ramadhan.



“saya seorang yang percaya pada mistik, saya tidak dapat menerangkan denagn pertimbangan akal, mengapa tanggal 17 lebih memberi harapan kepadaku.akan tetapi saya merasakan di dalam kalbuku, bahwa itu adalah saat yang baik.
angka 17 adalah angka suci,pertama-tama kita sedang berada dalam bulan suci ramadhan, waktu kita semua berpuasa ini berarti saat yang paling suci bagi kita,tanggal 17 besok hari jum’at, hari jum’at itu jum’at legi, jum’at yang berbahagia, jum’at suci.Al-qur’an di turunkan tanggal 17, orang islam sembahyang 17 rakaat, oleh karena itu kesucian angka 17 bukanlah buatan manusia”,ujar soekarno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar